Ujian Praktek
Terpadu

Ujian Praktek  Terpadu

Ujian Praktek untuk siswa siswi kelas 6 tahun pelajaran 2012 dilaksanakan pada hari Rabu, 18 Maret 2012. Ujian praktek ini dirangkai secara terpadu dari beberapa mata pelajaran yaitu : Religiositas, IPA, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, TIK dan Seni Suara.

Dari Ujian Praktek Terpadu ini bisa terlihat bahwa anak dengan keceriaannya mampu memunculkan nilai-nilai kreatif, dan ujian yang dilakukan secara terpadu ini mampu membangkitkan ide, kreasi dan kemampuan anak secara optimal.

Ujian Praktek ini dilaksanakan dengan proses sebagai berikut :

1. Pembagian Kelompok (1 kelompok terdiri dari 5 atau 6 orang dengan 1 orang berperan sebagai ketua kelompok)

2. Penjelasan tentang pelaksanaan Ujian Praktek Terpadu oleh Wali Kelas 6A dan 6B.

3. Masing-masing kelompok diundi mengenai tema materi yang akan dipraktekkan

4. Kelompok mulai mengerjakan dengan dibimbing oleh 1 guru pendamping.

Sebagai contoh pelaksanaan Ujian Praktek Terpadu oleh salah satu kelompok adalah Ujian dibuka oleh Doa yang sudah disiapkan oleh masing-masing kelompok, dilanjutkan dengan perkenalan anggota kelompok menggunakan bahasa Inggris, mempraktekkan iklan salah satu produk bebas (Bahasa Indonesia), menyanyikan lagu nasional (seni suara), melakukan praktek IPA, pacelathon bahasa jawa, dan kembali ditutup dengan doa, semua materi ditampilkan per slide menggunakan Microsoft Powerpoint (TIK).

Komentar beberapa murid mengenai Ujian Praktek Terpadu ini adalah mereka merasa senang dan puas karena boleh berekspresi bersama teman-teman dan rasa takut/ grogi tidak terlalu mengganggu karena mereka sudah mempersiapkan kurang lebih 1 bulan untuk Ujian ini dengan didampingi oleh satu guru pendamping dalam setiap kelompok.

Berikutnya..selamat berjuang bagi siswa siswi kelas 6 Sekolah Dasar untuk menempuh Ujian Nasional yang sudah semakin dekat, tetap semangat, Tuhan Memberkati.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *